Rekomendasi Mixer Roti Terbaik di Indonesia

Mixer Kue

Mixer kue adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang penting, terutama di dapur. Kebutuhan mixer menjadi hal penting khususnya untuk Anda yang gemar membuat kue atau roti. Tak hanya sebatas cetakan kue dan kompor saja, mixer menjadi alat yang penting untuk membuat suatu adonan roti yang sempurna.

Pada masa pandemi Covid-19 ini ada banyak orang yang membeli mixer untuk bisa mulai belajar membuat roti yang enak di rumah. Faktor utama tingginya minat belajar membuat roti atau kue dikarenakan banyaknya tips di channel YouTube yang menjelaskan cara membuat roti atau kue yang enak dan juga mudah.

Tak mengherankan bila banyak orang ingin membeli mixer di toko offline maupun di marketplace, terlebih lagi peralatan ini dapat digunakan sewaktu-waktu saat kita bosan di rumah. Tak hanya untuk melengkapi kebutuhan rumah, mixer juga bisa menjadi investasi yang bagus untuk kebutuhan bisnis rumahan.

Belajar cara untuk memasak kue tak berarti hanya sebatas membuatnya saja di dalam rumah, bukan tidak mungkin jika hal itu bisa menjadi peluang usaha atau bisnis yang potensial. Mengingat sekarang ini sudah ada begitu banyak bisnis rumahan yang menyediakan kue dan patisseries nikmat dengan harga yang terjangkau.

Beberapa jenis kue diantaranya brownies, red velvet, marmer cake, ataupun garlic cheese cake adalah makanan kekinian yang memang cukup laris di social media. Beberapa jenis kue tersebut tentunya mempunyai karakter serta tekstur adonan yang sangat lembut, sehingga bisa di nikmati untuk menjadi kudapan sehari-hari.

Untuk mendapatkan adonan yang nikmat dan lembut, kita bisa menggunakan planetary mixer agar adonan kue bisa mengembang secara baik. Memang secara umum, harga mixer cukup bervariasi tergantung dari ukuran, kapasitas adonan, fungsi ataupun teknologinya. Semakin besar kapasitas mixer dan kualitasnya bagus, tentu harga mixer akan semakin tinggi. Bahkan harga mixer ada yang bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Rekomendasi Mixer Roti Terbaik

Planetary Mixer

Planetary mixer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk dan mencampur adonan kue atau roti menjadi adonan yang halus. Planetary mixer bekerja dengan cara memutar mangkuk ke atas atau ke bawah, mangkuk menempel pada mixer untuk mengaduk adonan. Planetary mixer memiliki beberapa jenis pencampuran yaitu Dough Hook yang digunakan untuk mengaduk adonan yang tergolong berat, seperti adonan roti, pizza, dan lain-lain. Flat Beater digunakan untuk mengaduk adonan yang tidak membutuhkan udara di dalamnya, seperti mentega dan gula untuk membuat krim. Ballon Whisk digunakan untuk mengaduk adonan yang relatif ringan seperti telur, marigue, dan whipped cream. Untuk ukuran planetary mixer termasuk 7L, 10L, 20L, 30L, 40L, 50L, 150L.

Planetary Mixer Sinmag:

Kelebihannya:

  • Standar dengan mangkuk, bola cambuk, pengocok dan pengait.
  • Terdapat 3 pilihan kecepatan
  • Memiliki transmisi mekanis.
  • Mesin harus dihentikan untuk mengganti persneling.
  • Mixer (pengaduk) & poros terbuat dari stainless steel
  • Pengait pengaduk, pembagi adonan, dan mangkuk terbuat dari baja tahan karat
  • Dilengkapi dengan pengaman pengaman yang dilindungi sakelar mikro pengaman
  • Sangat cocok untuk menguleni adonan lembut
  • Dengan jaringan pengaman untuk melindungi operator.
  • Terdapat 10 Kecepatan diubah oleh inverter.

Spiral Mixer

Spiral mixer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk adonan yang kental hingga kalis dengan kapasitas yang besar. Mixer spiral bekerja bersama-sama dengan mangkuk dan pengocok spiral, kait spiral akan berputar dan menguleni adonan di dalam mangkuk. Spiral mixer biasanya digunakan untuk adonan kue, donat, mie, dan masih banyak lagi. Spiral mixer juga memiliki daya ulen yang cukup kuat, sehingga lebih cepat dalam proses pencampuran kue atau roti. Mixer spiral juga dapat digunakan untuk mengaduk adonan kaku dengan kadar air rendah atau hidrasi tinggi seperti adonan Ciabatta. Ini memiliki kecepatan rendah untuk mencampur adonan agar homogen dan kecepatan tinggi untuk mengembangkan struktur adonan. Untuk ukuran mixer spiral antara lain 7L, 10L, 20L, 30L, 40L, 50L, 150L.

Spiral Mixer Sinmag:

Spiral Mixer Diosna:

Kelebihannya:

  • Bowl yang terpasang secara permanen.
  • Untuk adonan 24 kg, 40 kg, 80 kg, 120 kg, 160 kg.
  • Waktu pengadukan yang singkat karena area pengadukan yang besar.
  • Mudah digunakan & Mudah dipindahkan.
  • Permukaan halus, mudah dibersihkan.
  • Cadangan daya yang besar, jaminan kualitas yang meyakinkan.
  • Panel kontrol manual atau otomatis.
  • Kait dan mangkuk stainless steel.
  • Bagian bawah mangkuk dilengkapi dengan wadah tahan air untuk memudahkan pembersihan.
  • Konstruksi yang kokoh.
  • Sistem pengangkat hidrolik untuk kepala mesin.
  • Tiga pengatur waktu untuk memprogram arah mundur dan kedua kecepatan.
  • Mangkuk ditarik secara otomatis ke roda transmisi melalui sistem hidrolik.
  • Penggerak mangkuk dengan roda transmisi dengan lapisan karet.

*Baca Juga: Planetary Mixer vs Spiral Mixer Mana yang Lebih Bagus?

Tips Memilih Mixer Roti yang Benar

Pilih mixer sesuai dengan kapasitas

Pemilihan alat yang terlalu besar kapasitasnya menjadikan biaya operasional menjadi boros dan kurang efisien kerjanya. Demikian juga jika memilih mesin terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan, akan menyebabkan pekerjaan tidak sesuai dengan target. Karena itu sebelum membeli mesin miksr roti, cek dulu berapa kapasitas produksi Anda saat ini

Pilihan mixer yang listriknya sesuai

Jangan salah pilih mesin yang ternyata kapasitas listriknya melebihi kapasitas listrik rumah Anda. sehingga Anda harus meningkatkan daya listrik lagi. Kecuali jika daya listrik rumah Anda terlalu rendah, maka memang harus di upgrade. Namun tidak perlu khawatir, kebanyakan mesin mikser kue komersil listriknya tidak terlalu besar, kecuali untuk kapasitas yang besar.

Pilih mixer sesuai dengan fungsinya

Mesin mixer roti ada dua jenis planetary dan spiral. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu, lihat dulu dan pelajari fungsi kedua mesin pengaduk roti ini. Bagi pemula di bisnis roti, maka memilih mesin planetary akan menjadi pilihan utama. Karena mesin ini memiliki 3 macam pengaduk yang sudah bisa mencakup semua kebutuhan pembuatan roti dan kue.

Pilih mixer roti yang berkualitas

Pilih mesin yang berkualitas, bukan karena murahnya. Banyak pengusaha roti yang membeli mesin hanya karna murahnya. Padahal harga murah tidak akan menjamin kualitasnya. Pertimbangkan membeli mesin atas dasar kebutuhan akan investasi usaha. Memilih mesin dengan kualitas terbaik adalah cara bijak untuk kesuksesan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Pastikan mixer memiliki garansi

Garansi mesin adalah hal penting, karena memberikan rasa aman terhadap barang belian Anda terhadap mixer kue. Maka belilah mesin hanya jika mesin tersebut ada garansinya dari toko tersebut. Selain ada garansinya, lihat juga masa garansi yang diberikan. Apakah garansi berlaku 1 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Pilih mesin yang memiliki masa garansi terlama.

Cari yang after sales service

Bagaimana dengan after sales service dari mesin tersebut. Jangan sampai setelah membeli mesin, Anda tidak diperhitungkan lagi. Anda akan sulit mendapatkan support yang bagus, maka dari itu pilih toko mesin bisa lihat barang dulu. Anda bisa mendapatkan after sales service di banyak lokasi dengan jaminan barang ada dan sudah ready terlebih dahulu.

Ketahui kredibilitas tokonya

Lihat juga bagaimana pelayanan toko mesin tersebut selama ini. Toko yang berkembang biasanya menunjukkan bahwa toko tersebut disukai oleh konsumen. Pilih toko yang memiliki kredibilitas yang baik, agar Anda ridak menyesal. Karena toko yang baik akan menunjukan review dari kunsumen, baik itu baik atau buruk sesuai dengan kepuasaan pelanggan.