Macam-macam Oven untuk Bisnis Kue

macam macam oven

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis kue, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu macam-macam oven yang biasa digunakan dalam produksi kue. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa ada berbagai macam oven, bukan? Apakah tidak bisa menggunakan oven biasa saja untuk memproduksi, kue? Apa bedanya oven-oven tersebut?

Untuk menjawab seluruh pertanyaan Anda, Sinergi Trikarya telah menyiapkan berbagai informasi menarik seputar macam-macam oven dan apa saja fungsi dari masing-masing oven tersebut. Simak pembahasannya di bawah ini. 

Mengenal Macam-macam Oven

Berikut ini, Sinergi Trikarya akan memperkenalkan 5 macam oven kepada Anda, yaitu:

1. Oven Konvensional

Oven pertama yang akan dibahas adalah oven konvensional. Hampir setiap orang memiliki oven ini di rumah. Ya, oven konvensional merupakan oven yang menyatu dengan kompor gas.

Dari segi keunggulannya, oven ini memiliki body yang kuat dan kokoh karena menyatu dengan body kompor. Akan tetapi, jika Anda ingin memulai bisnis kue, sangat disarankan untuk tidak menggunakan oven ini. Mengapa demikian? Dalam memproduksi kue, pastinya Anda akan memanggang beberapa kue sekaligus dalam satu oven. Namun, oven ini memiliki sistem pemanasan yang kurang merata sehingga kue yang dihasilkan bisa jadi ada yang belum matang. 

2. Convection Oven

Convection oven atau oven konveksi memiliki kipas tambahan di dalamnya yang dapat membantu proses pematangan kue ketika dipanggang. Ketika oven ini dinyalakan, maka kipas di dalamnya akan menghasilkan udara panas yang dapat membuat kue matang secara merata. Oven ini sangat cocok digunakan untuk memanggang kue kering atau kue yang memiliki tekstur renyah dan garing karena kekuatan panasnya tersebut. Selain itu, oven itu juga dapat memanggang kue lebih cepat daripada oven konvensional.

3. Electric Deck Oven

Sesuai dengan namanya, electric deck oven merupakan oven listrik dan tidak menggunakan gas sama sekali. Jadi, sumber panas yang dihasilkan untuk mematangkan kue bersumber dari tenaga listrik. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa penggunaan sumber daya listrik oven ini jauh lebih besar dibandingkan oven lainnya sehingga Anda perlu mencari tempat yang memiliki arus tegangan listrik yang kuat. Namun, tentu saja oven ini jauh lebih praktis untuk digunakan dibanding jenis oven lainnya.

4. Gas Deck Oven

Gas deck oven sangat cocok digunakan apabila bisnis kue Anda sudah mulai memasuki tahapan produksi yang lebih banyak lagi. Oven ini memiliki sistem pemanasan pada bagian atas dan bawah yang dapat membuat kue matang secara merata, meskipun Anda memanggang beberapa loyang kue sekaligus. Oven ini sangat mudah digunakan dan Anda dapat menggunakan gas LPG sebagai sumber daya oven ini.

5. Rack Oven

Oven terakhir yang biasa digunakan dalam bisnis kue, khususnya untuk bisnis kue yang sudah memasuki produksi dalam skala besar yaitu rack oven atau oven rak. Oven rak ini bisa menggunakan gas dan juga listrik. Ukuran oven ini sangat besar dan tinggi bila dibandingkan dengan oven lainnya karena Anda dapat memanggang banyak loyang dalam satu kali proses pemanggangan. 1 baking trolley dari oven ini saja bisa memuat hingga 36 loyang sekaligus. Tentu Anda bisa membayangkan berapa banyak roti atau kue yang dapat dihasilkan dalam satu hari bila menggunakan oven ini, bukan?

Jadi, itulah macam-macam oven yang penting untuk diketahui apabila Anda ingin menjalankan bisnis kue atau ingin mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar lagi. Jika Anda ingin mencari salah satu dari oven di atas atau ingin berkonsultasi mengenai oven apa yang tepat untuk digunakan, silakan hubungi Sinergi Trikarya sekarang juga. Kami menyediakan berbagai macam oven mulai dari convection oven, electric deck oven, gas deck oven, dan juga rack oven. Selain itu, ada berbagai kebutuhan dalam bisnis kue lainnya yang dapat Anda gunakan.