Planetary vs Spiral Mixer: Mana yang Terbaik?

planetary vs spiral mixer

Produk pastry yang khas dan bercita rasa tinggi bisa dilihat dari bentuk adonannya. Semakin lembut adonannya, pastry seperti kue, piza, dan roti semakin lezat untuk dimakan. Bagi para pelaku bisnis pastry, ada dua jenis mixer yang bisa digunakan untuk menghasilkan adonan yang lembut, yaitu planetary mixer dan spiral mixer. Sebenarnya, apa saja perbedaan antara kedua mixer tersebut? Mana yang harus kita pilih untuk membuat adonan yang lebih lembut, planetary vs spiral mixer?

Selain bahan yang digunakan untuk membuat pastry, memilih jenis mixer juga merupakan hal yang sangat menantang. Tak hanya biaya yang sedikit, kita juga harus mengetahui keunggulan antara planetary dan spiral mixer sehingga bisa memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Planetary vs Spiral Mixer, Apa saja Perbedaannya?

Planetary mixer dan spiral mixer merupakan jenis mixer yang menonjol di dunia pastry. Keduanya bisa menghasilkan adonan yang lembut, tetapi memiliki keunggulan dan kegunaan yang ideal digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Untuk mengetahuinya, simak perbedaan planetary vs spiral mixer yang diulas oleh STP dalam artikel ini.

Planetary Mixer

Planetary mixer, merupakan jenis mixer yang umum digunakan di bisnis kuliner. Fungsinya lebih serba guna, sehingga cocok digunakan untuk berbagai jenis masakan di dapur, tidak terbatas pada pastry. Mixer jenis ini biasanya dilengkapi dengan aksesori tambahan, seperti dough hook, mixing paddle serta whisk.

Planetary mixer tidak hanya digunakan untuk mencampur dan mengulen adonan, tetapi juga jenis bahan lainnya, seperti menumbuk kentang, bakso, daging, bahkan bisa membuat whip cream. Inilah yang menjadi keunggulan planetary mixer, karena bisa digunakan dengan aksesori pengocok lainnya.

Sesuai dengan namanya yang diambil dari rotasi planet mengelilingi matahari, mixer ini bekerja dengan cara memutar poros offset di sekitar wadah adonan yang diam di tempatnya.

Baca juga: Mengenal Apa itu Planetary Mixer?

Spiral Mixer

Berbeda dengan planetary mixer, spiral mixer memiliki fungsi yang lebih spesifik. Mixer jenis ini dirancang khusus untuk mengaduk dan menguleni adonan roti secara lembut. Spiral mixer biasanya dilengkapi dengan fitur dough hook dan mangkuk yang dapat berputar

Meskipun tidak serbaguna, spiral mixer lebih unggul dalam mencampur adonan yang volumenya lebih tinggi. Selain itu, spiral mixer juga mampu menghasilkan adonan dalam waktu yang singkat sehingga membuat produksi pastry berjalan secara efisien. Dengan mixing time yang lebih singkat, suhu adonan yang dihasilkan menjadi lebih rendah. 

Spiral mixer juga memutar mangkuk yang ada di mesin tersebut sehingga menghasilkan adonan yang sempurna. Gerakan mangkuk yang memutar akan menghasilkan putaran yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk adonan yang padat.

Perbedaan kecepatan gerakan dalam spiral mixer juga digunakan dalam kebutuhan yang berbeda. Kecepatan yang lambat hanya bisa digunakan untuk mencampur adonan. Apabila kecepatannya semakin cepat, adonan yang ada di dalamnya sudah mulai bisa dibentuk.

Memilih antara Planetary vs Spiral Mixer

Baik planetary vs spiral mixer, keduanya memiliki perbedaan dalam tingkat kecepatan dan fiturnya sehingga Anda harus memiliki mixer yang ideal digunakan untuk bisnis pastry. Sebelum memilih produknya, harus diketahui dulu produk pastry apa yang dihasilkan oleh usaha Anda. Perhatikan juga volume adonan yang menjadi patokan dalam bisnis Anda, sebab jenis pastry yang berbeda bisa dilihat pula dari kepadatan adonannya.

Kalau Anda hanya ingin menghasilkan pastries yang sederhana, planetary mixer bisa menjadi jawabannya. Sedangkan untuk spiral mixer lebih cocok digunakan bila bisnis Anda memproduksi dalam jumlah yang besar. Spiral mixer akan memenuhi kebutuhan produksi pastry Anda secara efisien sehingga produksi berjalan lancar dalam waktu yang telah ditentukan.

Apabila Anda masih bingung memilih antara planetary vs spiral mixer, jangan ragu menghubungi Sinergi Trikarya. Kami menyediakan planetary mixer dan spiral mixer dengan berbagai model yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sinergi Tri Karya juga akan membantu Anda memilih mixer yang sesuai sehingga bisnis pastry dan kuliner Anda bisa berjalan secara maksimal.