Apa itu Deck Oven? Mengenal Lebih Dalam Oven Deck

deck oven adalah

Deck oven adalah jenis oven yang banyak digunakan oleh para penggiat bisnis bakery dan pastry di Indonesia. Oven ini mampu memanggang roti  dalam waktu singkat, karena memanfaatkan panas radiasi dari gelombang inframerah untuk menembus adonan secara menyeluruh.

Deck oven menjadi salah satu alat terpenting dari semua peralatan memanggang, karena mampu menghasilkan roti berkulit keras dan renyah. Dalam bentuknya sendiri, oven deck terbuat dari bahan stainless steel yang merupakan bahan material anti karat untuk peralatan bakery.

Apa itu Deck Oven?

Deck oven adalah alat panggang yang mampu menghasilkan roti berkualitas tinggi dengan renyah hanya dalam hitungan menit. Oven deck menggunakan panas konduksi dalam memanggang, panas konduksi ini terjadi ketika roti di letakan atas loyang untuk dipanggang secara langsung.

Dengan kontrol suhu yang otomatis, deck oven mampu mengatur suhu yang terletak di bagian atas dan bawah api. Proses ini memanfaatkan panas radiasi untuk menembus ke dalam adonan secara menyeluruh. Dalam proses pemanggangannya sendiri suhu paling ideal adalah 92-95 ℃ (198-203 ℉).

Ada tiga sistem pemanas yang digunakan oven deck, pertama siklotermik. Pembakaran untuk memanaskan udara, kipas konveksi menggerakkan udara di dalam oven sehingga menghasilkan panas yang merata di setiap area ruangan. Kedua tabung uap yang mengubah air menjadi uap panas. Uap yang dipanaskan bergerak melalui tabung dan mengelilingi area oven. Ketiga adalah dek atau disebut minyak termal yang mengahasilkan bara api dalam bentuk uap.

Bagaimana Cara Kerja Deck Oven?

Oven deck atau biasanya terletak jauh dari ruang masak, minyak dipanaskan dan dipompa ke oven yang bersirkulasi di sekitar dinding ruang masak. Minyak dapat menahan panas lebih lama daripada udara atau uap, sehingga oven minyak termal akan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada jenis oven lainnya. Namun, oven ini agak rumit karena sistem perawatannya cukup konstan dan harus yang berpengalaman saja.

Deck oven menjadi salah satu rahasia para pemilik bakery untuk menghasilkan roti yang sempurna. Oven ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi terkini yang tidak hanya memberikan kemudahan dalam memanggang roti, namun juga menghasilkan tekstus dengan tingkat kematangan yang pas. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih oven dek ketimbang oven convection, karena cara perawatannya yang relatif lebih mudah.

Untuk jenis deck oven yang paling banyak dicari saat ini yaitu Gas Deck Oven dan Electric Deck Oven. Apabila anda pemilik bisnis pastry dan bakery, maka sangat disarankan memiliki oven deck. Anda tidak perlu lagi menunggu roti matang, dengan alat ini anda bisa mengatur tingkat kematangan secara otomatis. Selain itu, Oven dek juga tersedia dalam berbagai kapasitas, seperti 1 deck 1 tray hingga 3 deck 9 tray, tergantung kebutuhan anda.

Keunggulan & Kelebihan Deck Oven

  • Terdapat pengapian pada bagian atas dan bawah oven, sangat dibutuhkan untuk memanggang roti agar matang sempurna.
  • Jika oven biasa memiliki pengapian pada bagian bawah, pada oven ini bisa membuat overbaked terhadap tekstur roti.
  • Oven ini dapat bekerja secara otomatis, karena memiliki fitur thermo control yang bisa anda gunakan dengan mudah.
  • Dari segi pemakaian, oven ini lebih hemat dibandingkan oven lainnya karena memiliki fitur valve untuk lebih hemat gas.
  • Terdapat glasswool, yaitu panas yang dihasilkan dari dinding oven agar tidak menyebar ke ruangan oven lainnya.
  • Memiliki pipa pemanas yang terbuat dari stainless steel, membuat pipa tidak akan mudah rusak ataupun keropos.

*Baca juga: Mengenal Convection Oven Sebagai Alat Panggang Roti

Manfaat Menggunakan Deck Oven

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan deck oven untuk memanggan roti. Hal ini dikarenakan oven deck sangat mudah untuk digunakan, berikut beberapa manfaat menggunakan deck oven, diantaranya:

1. Deck Oven Sangat Hemat

Banyak yang takut untuk menggunakan oven roti berukuran besar, alesannya karena pemakaian listrik menjadi lebih tinggi. Padahal tidak dengan deck oven, pemakaian gas oven jauh lebih hemat ketimbang oven listrik, karena bekerja secara otomatis dalam menggunakan thermocontrol.

2. Memiliki Fitur Maksimal

Untuk oven yang bagus sudah pasti memiliki fitur maksimal. Anda tidak perlu khawatir dengan waktu pemanggangan, karena deck oven dilengkapi timer penghitung yang lebih mudah mengaturnya untuk pemanggangan. Jadi tingkat kematangan roti anda bisa didapat sesuai keinginan.

3. Hasil Pemanggangan Rata

Pastikan memilih oven yang mudah untuk anda gunakan, seperi penggunaan suhu tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kestabilan suhu mampu diberikan alat pemanggang roti, contohnya keberadaan panas yang dapat memberikan hasil pemanggangan lebih merata karena adanya kestabilan.

4. Konstruksinya Berkualitas

Konstruksi oven yang berkualitas tidak membuat ruangan terasa panas. Hal ini disebabkan dinding oven telah dilapisi peredam panas yang disebut glasswool. Pipa pemanas yang ada di oven juga tidak mudah keropos walaupun terkena panas secara terus menerus karena terbuat dari stainless steel.

Rekomendasi Deck Oven Terbaik

Gas Deck Oven MB 823

Gas Deck Oven SINMAG MB-823

Gas Oven SM 803AG

Gas Oven SINMAG SM-803AG

Gas Deck Oven SINMAG (SM-803FG)

Gas Deck Oven SINMAG (SM-803FG)

Gas Oven SM 803TG

Gas Oven SINMAG SM-803TG

Gas Deck Oven SINMAG (SM-803S)

Gas Deck Oven SINMAG (SM-803S)

Itulah informasi mengenai deck oven dan manfaatnya, jika Anda ingin menghasilkan roti berkualitas tinggi, baik dari sisi rasa maupun tekstur, maka disarankan menggunakan oven deck. Sinergi Trikarya Perkasa selaku distributor dan toko perlatan bakery di Indonesia menyediakan oven deck dengan kualitas bagus dan bergaransi, Anda bisa mengunjungi produk kami dan melihat beberapa jenis oven lainnya disini!