Apa itu Planetary Mixer? Mengenal Lebih Dalam Mixer Planetary

planetary mixer adalah

Planetary mixer adalah salah satu jenis mixer yang paling banyak digunakan oleh para pemilik bakery dan pastry untuk mengaduk adonan kue agar rata dan sempurna. Mixer ini sangat terkenal, khususnya dalam dunia roti dan cake, karena bisa mengaduk adonan secara kalis hanya dalam hitungan menit.

Planetary mixer berbeda dengan spiral mixer, biasanya digunakan untuk mengaduk adonan dalam jumlah banyak. Sedankang, pada mixer lainnya hanya digunakan untuk mengaduk adonan dalam jumlah sedikit.  Nah, untuk mengenal tentang planetary mixer mari simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Planetary Mixer?

Planetary mixer adalah mesin pengaduk adonan dengan sistem kerja seperti perputaran planet. Mixer ini dapat menghasilkan tekstur adonan yang lebih lembut dan kalis, sehingga hasilnya jauh lebih sempurna. Selain itu, Planetary mixer juga bisa melakukan pengadukan adonan dalam waktu yang relatif cepat.

Anda tidak perlu lagi mengaduk dan menjadikan adonan kue kalis menggunakan alat manual, karena telah hadir mesin planetary mixerDengan alat ini anda bisa memproduksi roti dalam jumlah banyak, sehingga penjualan anda dalam bisnis bakery dan pastry lebih menjanjikan dan menguntungkan.

Bagaimana Cara Kerja Planetary Mixer?

Dalam cara kerjanya sendiri, planetary mixer sangatlah mudah dilakukan sebab tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam mengaduk adonan. Anda hanya perlu mengetahui fungsi dari masing-masing fitur atau tombol yang ada, sehingga bisa digunakan secara mudah.

  1. Pertama Colokan kabel listrik mixer planetary ke stop kontak.
  2. Selanjutnya siapkan bahan-bahan yang akan dicampurkan.
  3. Angkat kepala mixer dengan menarik tuas kunci.
  4. Pasang Bowl yang sesuai dengan adonan yang ingin anda produksi, bisa menggunakan pengaduk spiral, beater ataupun whip.
  5. Setelah pengaduk terpasang turunkan kepala mixer.
  6. Stel kecepatan, bisa di angka 1, 2 atau 3 sesuai yang anda inginkan, untuk pertama pengadukan sebaiknya menggunakan rendah dulu.
  7. Setelah di setel kecepatan, lalu switch On mixer untuk menjalankan proses pengadukan.
  8. Untuk mempercepat putaran pengaduk Off kan dulu, lalu setel tuas pada kecepatan yang diinginkan lalu On kan kembali.

Catatan:

*Planetary mixer memiliki 3 speed dan 10 speed untuk mengatur tekstur adonan sesuai keinginan. Planetary mixer juga memiliki 3 fungsi pengadukan, yaitu adukan hook untuk mengaduk adonan kental, beater untuk mengaduk adonan pastry dan whip untuk mengaduk cream atau adonan cair.

*Baca Juga: Planetary Mixer vs Spiral Mixer Manakah yang Lebih Baik?

Bagaimana Cara Merawat Planetary Mixer?

Dalam perawatannya sendiri, Planetary mixer tidaklah terlalu sulit. Anda dapat merawatnya seperti mixer pada umumnya:

  • Selalu lepaskan semua attachment sebelum dibersihkan, jika tidak maka akan tersangkut pada poros dan sulit dilepaskan.
  • Jangan bersihkan mixer menggunakan spons abrasif, deterjen, wol baja, atau peralatan logam.
  • Bersihkan mesin secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan menggunakan spon halus, air hangat, dan sabun pembersih.
  • Bersihkan setelah kurang lebih 15 menit setelah pemakaian dan diamkan mixer hingga kembali ke suhu normal.
  • Hindari penggunaan sabut gosok dan cairan yang seperti alkohol karena dapat merusak mesin mixer.
  • Jangan menggunakan mixer secara terus menerus untuk mengaduk adonan dalam, karena bisa menyebabkan overheat.
  • Selalu pastikan sumber tegangan listrik sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh planetary mixer.
  • Simpan mixer dari jangkauan binatang seperti tikus atau rayap yang dapat menggigit kabel.

Rekomendasi Planetary Mixer Terbaik

Planetary Mixer Sinmag (SM-101)

SINMAG Planetary Mixer SM-101

Planetary Mixer SM 201

SINMAG Planetary Mixer SM-201

Planetary Mixer SM 401

Itulah beberapa informasi seputar planetary mixer yang bisa anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk menggunakan mixer planetary ini untuk membuat roti dalam jumlah banyak, Anda bisa membelinya di Sinergi Trikarya Perkasa. Disini anda bisa mendapatkan produk asli dengan kualitas premium, karena bergaransi langsung dari distributor. Anda bisa melihat beberapa mixer lainnya untuk keperluan bisnis bakery dan pastry disini!