Jenis-jenis Roti Tawar dalam Dunia Bakery

jenis-jenis roti tawar

Roti menjadi salah satu penyumbang karbohidrat yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Mungkin nasi masih menjadi pilihan pokok bagi orang Indonesia, namun konsumsi roti juga tidak kalah banyak. Terutama di saat sarapan yang membutuhkan waktu yang singkat, roti tawar akan sangat membantu karena penyajiannya yang mudah. Bisa dioles selai, ditaburi gula, atau dimakan begitu saja. Untuk memberikan variasi, mungkin Anda harus tahu jenis-jenis roti tawar yang ada dalam dunia bakery untuk bisa membuat berbagai macam resep enak lainnya.

Jenis-jenis Roti Tawar

Berikut ini adalah beberapa jenis roti tawar yang bisa Anda konsumsi bersama berbagai macam tambahan. Ada banyak resep enak yang bisa dibuat dengan roti-roti ini.

1. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih ini bisa dibuat dari tepung terigu, air, garam, dan ragi. Ini menjadi salah satu jenis roti yang bisa dengan mudah kita temui. Anda bisa memakan langsung roti ini, atau mengolahnya menjadi berbagai macam resep.

2. Brioche

Brioche adalah roti asal Prancis yang dibuat dengan telur dan mentega. Tekstur yang sangat ringan dan padat serta rasa manis yang halus menjadi ciri khas dari roti ini. Crust yang juga lembut memiliki rona emas dari telur yang dioleskan sebelum dipanggang. French toast yang nikmat tidak akan lengkap dengan roti ini.

3. Multigrain

Roti yang dipenuhi oleh biji-bijian seperti barley, rami, millet, dan oat. Rasa antara adonan roti dan juga biji-bijian ini menghasilkan rasa ‘earthy’. Cocok buat resep avocado toast Anda.

4. Whole Wheat

Terbuat dari tepung yang menggunakan seluruh biji-bijian, roti dari gandum utuh ini  menawarkan lebih banyak serat, protein, dan vitamin daripada roti putih. Ini juga menawarkan rasa dan aroma yang lebih kaya. Berbagai resep toast akan lebih sehat jika Anda menggunakan roti ini.

5. Sourdough

Roti sourdough ini dibuat melalui proses fermentasi yang panjang menggunakan ragi dan lactobacilli yang terjadi secara alami. Menciptakan asam laktat, yang memberi roti ini ciri khasnya, yaitu rasa sedikit asam. Cocok sebagai pendamping egg benedict Anda.

6. Ciabatta

Merupakan roti Italia yang dibuat dengan tepung terigu, garam, ragi, dan air. Meskipun tekstur dan crust-nya sedikit berbeda di berbagai daerah Italia, bahan dasarnya tetap sama. Ciabatta cocok untuk sandwich dan panini. Anda mungkin sadar jika roti ini juga mirip dengan sourdough. Namun yang membedakan adalah penggunaan ragi pada ciabatta.

7. Baguette

Roti yang panjang seperti tongkat ini dibuat dengan tepung, ragi, air, dan garam. Dari bahan-bahan sederhana tercipta crust yang kenyal, bagian dalam yang ringan dan garis miring di bagian atasnya. Memungkinkan ekspansi gas selama memanggang. Sandwich asal Vietnam, yaitu Banh Mi menggunakan roti ini di resepnya.

8. Pita

Roti pipih beragi yang terbuat dari tepung terigu, lalu dimasak pada suhu tinggi. Menyebabkan cairan dalam adonan keluar. Nantinya akan membentuk gelembung udara besar di tengah, yang menjadi kantong ketika dipotong menjadi dua. Falafel sandwich merupakan salah satu resep yang menggunakan roti tawar ini.

Nah itu dia jenis-jenis roti tawar yang ada di dunia. Bentuknya juga tidak selalu sama seperti roti yang biasa kita jumpai. Masih ada banyak roti tawar lainnya yang bisa kamu temui di dunia ini. Kamu bisa pelajari resep dan cara membuatnya, lalu gunakan berbagai peralatan pembuat roti dari STP.

Yuk kunjungi website kami untuk cari tahu lebih lanjut.