Manfaat Mixer untuk Kebutuhan Membuat Kue

manfaat mixer

Mengolah adonan secara tepat menjadi langkah penting dan krusial ketika Anda ingin membuat kue. Untuk mengolah adonan, Anda bisa saja menggunakan tangan. Namun hal ini akan bisa memakan waktu yang lama sekaligus menguras tenaga. Solusi yang bisa mempermudah masalah ini adalah dengan menggunakan mixer. Namun apakah Anda sudah tahu manfaat mixer untuk membuat kue? Jika belum, informasi berikut ini bisa membantu Anda.

Manfaat Menggunakan Mixer

Mixer dirancang untuk menghasilkan adonan ryang berkualitas tinggi hingga kalis. Dengan menggunakan mixer toko roti atau kue bisa mengolah adonan dengan cepat. Hal ini tentu memperlancar jalur produksi, sehingga bisa menghasilkan roti dalam waktu dekat.

Namun tahukan kalian, saat ini hanya ada 2 jenis mixer yang paling dicari oleh para pembuat kue yaitu Planetary Mixer dan Spiral Mixer. Kedua mixer ini mempunyai kapasitas yang besar untuk membuat, tak heran bila mixer ini dicari oleh pemilik bisnis bakery dan pastry.

*Baca Juga: Ini Dia Kelebihan Spiral Mixer vs Planetary Mixer

Rekomendasi Mixer Kue Terbaik

1. Spiral Mixer

2. Planetary Mixer

Bagaimana Mixer Menghasilkan Adonan?

Dalam hal ini, mixer dirancang untuk bisa melakukan beberapa hal agar bisa digunakan dan diolah menjadi roti ataupun kue.

  • Menggabungkan bahan kering dan cair
  • Menghidrasi bahan kering
  • Mengembangkan gluten (untuk roti)
  • Menyatukan aerasi adonan
  • Mengatur suhu adonan yang tepat melalui gesekan dan aksi mekanis mechanical

*Berdasarkan penggunaannya, mixer bisa menghasilkan adonan yang kalis untuk membuat roti, kue, bolu dan lain-lain.

Hand Mixer vs Stand Mixer

Ada 2 jenis mixer yang bisa Anda gunakan, yaitu Hand mixer dan Stand mixer. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa dimanfaatkan.

1. Hand Mixer

Ketika anda genggaman akan terasa ringan, serta sangat mudah disimpan. Hal ini karena bentuknya yang portabel ,sehingga bisa diletakan dimana saja. Lebih mudah dioperasikan daripada stand mixer dan juga memiliki harga lebih murah sekaligus lebih mudah untuk dibersihkan.

2. Stand Mixer 

Memiliki kecepatan atau tenaga yang lebih besar, Alat Ini hands-free memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal sekaligus. Stand Mixer juga disertai dengan berbagai alat tambahan, seperti dayung untuk krim dan pengocok telur, serta mangkuk untuk mengaduk adonan.

Cara Menggunakan Mixer dengan Benar

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan mixer secara benar.

  1. Gunakan kecepatan lambat agar tidak berantakan ketika menambahkan bahan ke mangkuk atau mencampur bahan yang sangat basah.
  2. Jika Anda mencampur bahan-bahan kering seperti gula icing atau tepung, letakan handuk kecil bersih di atas mangkuk pencampur tepat sebelum Anda mulai mengaduk untuk mencegahnya terbang ke mana-mana
  3. Matikan mixer Anda sepenuhnya ketika mengikis sisi mangkuk dengan spatula karet. Jangan tergoda untuk menyodok spatula atau sendok kayu ketika mixer bergerak karena dapat merusak mesin.
  4. Bersihkan mixer Anda dengan kain basah yang hangat dan keringkan sepenuhnya setelah digunakan.
  5. Setelah selesai, biarkan pengocok di atas permukaan adonan sebelum Anda mematikan mesin. Ini memberikan pengocok kesempatan untuk melepaskan bahan yang masih menempel jatuh ke mangkok.
  6. Pastikan untuk mengikis pengocok dari bagian bawah mangkuk, karena ini merupakan tempat gumpalan dapat berkumpul.

Itulah beberapa informasi penting mengenai manfaat mixer dan juga hal lainnya yang bisa membantu Anda dalam membuat roti atau kue menggunakan mixer. Apabila anda ingin membeli mixer dengan harga terjangkau dan bergaransi resmi, Anda bisa mengunjungi Sinergi Trikarya Perkasa. Tempat ini adalah distributor yang menjual aneka peralatan bakery equipment di Indonesia.