Apa itu Spiral Mixer? Mengenal Lebih Dalam Mixer Spiral

Spiral Mixer

Spiral mixer adalah salah satu jenis mixer yang banyak digunakan oleh para penggiat bisnis bakery. Mixer ini mempunyai kualitas yang cukup baik untuk membuat adonan menjadi kalis, sehingga kualitas kue yang dibuat menjadi lebih enak dan sempurna dalam sisi bentuk dan tekstur.

Spiral mixer berbeda dengan planetary mixer, karena mampu mengaduk adonan dengan sangat cepat dalam hitungan menit. Dalam penggunannya sendiri, spiral mixer bisa untuk memproduksi aneka makanan, mulai dari kue donat, cake, pizza, mie, adonan kerupuk dan lain sebagainya.

Apa itu Spiral Mixer?

Spiral mixer adalah mesin yang digunakan untuk mengaduk adonan kental dan kalis dalam kapasitas besar. Pada spiral mixer, beater dan bowl berputar bersamaan, sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut. Mixer ini biasa digunakan untuk adonan kue donat, mie dan lainnya.

Mixer ini memiliki kekuatan adukan yang sangat baik, didesain untuk kebutuhan produksi berskala besar dalam industri roti. Spiral mixer hanya menggunakan hook, fungsi utamanya adalah mengaduk adonan agar relatif lebih kental, dimana kait spiral dan mangkuk akan berputar bersamaan.

Selama proses pengadukan, hook akan berputar dan meremas adonan dalam mangkuk. Proses ini akan menghasilkan gesekan panas yang lebih rendah, sehingga membantu menciptakan roti yang sempurna selama proses pencampuran terjadi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sprial mixer antara lain:

  • Lebih cepat dan kuat dalam proses pencampuran sehingga menghasilkan kualitas adonan yang baik.
  • Mangkok atau bowl dapat diatur ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan karena menggunakan energi hidrolis.
  • Dapat digunakan untuk mengaduk adonan yang kaku dengan kadar hidrasi rendah atau hidrasi tinggi seperti adonan Ciabatta.
  • Dapat menghaduk adonan beku dimana adonan dicampurkan air dingin untuk menghasilkan tekstur yang sempurna.
  • Memiliki kecepatan rendah untuk mencampur adonan dan kecepatan tinggi untuk mengembangkan struktur adonan.
  • Memiliki pengaduk tunggal berupa kait spiral yang kuat.
  • Banyak digunakan pada industri roti atau kue skala besar.

Bagaimana Cara Menggunakan Spiral Mixer?

  1. Mulailah dengan kecepatan rendah terlebih dahulu, jangan langsung menggunakan kecepatan tinggi agar proses pencampuran adonan sempurna.
  2. Gunakan kecepatan secara bertahap, apabila proses pencampuran adonan telah cukup, bisa gunakan kecepatan tinggi untuk mendapatkan hasil kental.
  3. Jangan pernah mencuci mixer dengan air, karena bisa mengkontaminasi bagian vital mixer yang membuatnya cepat rusak dan bisa terjadi konsleting listrik.
  4. Gunakan mixer spiral sebagaimana mestinya, jangan terlalu memaksakan dari kapasitas yang seharusnya, karena bisa menyebabkan mesin panas.

Peralatan Tambahan untuk Spiral Mixer

  • Loyang Adonan

Loyang adonan roti. donat yang bisa anda pakai adalah loyang alumunium ataupun loyang stainless steel. Loyang yang biasa digunakan untuk dapur usaha adalah ukuran 40 x 60 cm. Dengan menggunakan loyang ukuran tersebut sangat rekomendasi untuk produksi roti dan donat kapasitas besar.

  • Meja Bakery

Meja for bakery stainless steel yang di rekomendasikan adalah dengan ukuran 150 cm atau 1,5 meter yang cocok untuk mengolah adonan roti dan donat setelah di mixing menggunakan mixer spiral. Pada meja for bakery ini juga bisa dilengkapi dengan rak loyang pada bagian bawah meja.

  • Rak Loyang

Rak loyang ini sangat cocok digunakan untuk dapur usaha bakery yang sempit namun ingin produksi dengan kapasitas besar sekaligus. Bisa digunakan sebagai rak antrian dan cooling rak roti dan donat.

*Baca Juga: Planetary Mixer vs Spiral Mixer Manakah yang Lebih Baik?

Bagaimana Cara Merawat Spiral Mixer?

Perawatan mixer spiral tergolong mudah, Anda bisa menggunakan lab basah atau spon agar kotoran sisa pengadukan, bau dan kuman yang menempel bisa langsung segera dihilangkan. Pastikan juga daya listrik rumah atau dapur lebih besar dibandingkan daya listrik yang dibutuhkan oleh mixer spiral.

Selalu cabut kabel listrik di stop kontak ketika mixer selesai digunakan. Dan sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan mixer untuk mengaduk adonan yang besar. Biasakan untuk mengistirahatkan mixer setiap kali penggunaan. Agar mesin mixer tidak over heat atau terbakar karena kepanasan.

Usahakan mixer di simpan pada tempat yang aman agar tak terjatuh. Anda bisa menyimpan mixer ini ditempat yang jauh dari serangga, agar tidak merusak komponen mixer tersebut. Serta lumasi roda gigi mixer dalam kurun waktu tertentu, misal setiap bulan dicek kondisi roda gigi agar mixer bisa bekerja secara maksimal.

Rekomendasi Spiral Mixer Terbaik

Spiral Mixer SPV 240A

SINMAG Spiral Mixer SPV 240A

Spiral Mixer SP 160

SINMAG Spiral Mixer SP 160

Spiral Mixer SM 200AT and Control Panel

SINMAG Spiral Mixer SM-200AT

Spiral Mixer SM 200A-S

SINMAG Spiral Mixer SM-200A-S

Spiral Mixer SM 200A

SINMAG Spiral Mixer SM-200A

Spiral Mixer Sinmag (SM-120A)

SINMAG Spiral Mixer (SM-120A)

Spiral Mixer SM 200T

SINMAG Spiral Mixer SM-200T

Spiral Mixer Sinmag (SM2-120T)

SINMAG Spiral Mixer (SM2-120T)

Spiral Mixer SM2 50T

SINMAG Spiral Mixer SM2-50T

Spiral Mixer Sinmag (SM2-25)

SINMAG Spiral Mixer (SM2-25)

Spiral Mixer SM2 10

SINMAG Spiral Mixer SM2-10

Itulah beberapa informasi seputar spiral mixer yang bisa anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk menggunakan mixer spiral untuk kebutuhan membuat roti secara cepat dan mudah, Anda bisa membelinya di Sinergi Trikarya Perkasa. Toko yang menjual peralatan bakery di Indonesia, disini Anda bisa mendapatkan produk asli dengan kualitas premium, bergaransi langsung distributor. Anda bisa melihat spiral mixer lainnya untuk bisnis bakery disini!