Apa itu Convection Oven? Mengenal Lebih Dalam Oven Convection

convection oven adalah

Convection oven adalah oven yang sering digunakan untuk memanggang roti. Oven ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki bisnis kuliner di bidang pastry dan bakery. Sebagai pemilik bisnis kuliner, tentunya kualitas rasa, tekstur, serta bentuk merupakan hal yang harus diperhatikan.

Agar bisa mendapatkan hasil panggangan roti yang sempurna, Anda perlu menggunakan convection oven ini. Mengapa? karena oven ini di rancang khusus untuk memanggang roti agar lebih sempurna dan enak. Nah, untuk memahami convection oven, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Convection Oven?

Convection oven adalah alat panggangan oven yang menggunakan teknologi kipas internal, kipas internal ini merupakan rahasia dibalik hasil produksi panggangan roti yang berkualitas, sebab dengan kipas internal ini suhu panggangan dapat merata ke seluruh sudut oven yang akan di panggang.

Proses pematangan roti menggunakan udara panas yang dihembus oleh kipas internal membuat adonan roti menjadi lebih kering dan crispy. Maka dari itu, convection oven sangat direkomendasikan bagi memiliki bisnis pastry dan bakery untuk membuat croissant, cookie, danish pastry dan macarooni.

Bagaimana Cara Menggunakan Convection Oven?

Convection oven sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu memasang gas yang menjadi sumber pemanasnya atau menyambungkan oven pada sumber listrik. Lalu, Anda hanya perlu memasukkan adonan yang sudah siap untuk dipanggang ke dalam oven dan mengatur suhu serta waktu sesuai kebutuhan.

Pada jenisnya sendiri convection oven tersedia dalam kapasitas 5 loyang, 10 loyang dan kapasitas yang lebih besar lainnya. Alat panggan ini tentunya sudah dilengkapi dengan fitur steam, sehingga bisa digunakan untuk memanggang roti secara cepat, enak dan sempurna tanpa ada kendala.

*Baca Juga: Macam – Macam Oven Untuk Bisnis Roti yang Bisa Anda Gunakan

Manfaat Menggunakan Convection Oven

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan convection oven untuk membuat roti. Hal ini karena convection oven memiliki fungsi yang begitu besar dalam dunia bakery dan pastry. Untuk bisa melihat manfaat tersebut, berikut ini kami telah rangkum untuk anda ketahui..

1. Efisiensi Waktu dan Energi

Dalam satu kali proses pemanggangan, convection oven dapat menampung setidaknya 5 loyang sekaligus. Hal ini tentu dapat memberikan keuntungan bagi Anda dari segi efisiensi waktu dan energi. Anda dapat memproduksi banyak roti dalam satu hari, tentu saja ini akan memberikan efek positif bagi penjualan Anda. Selain itu, oven ini dapat menghemat energi  listrik dan gas, karena cepatnya produksi panggangan yang dihasilkan.

2. Tingkat Kematangan yang Rata

Convection oven memang dapat memberikan hasil panggangan yang merata dibandingkan jenis oven lainnya. Hal ini dikarenakan fitur kipas internal yang terpasang pada convection oven tersebut sangatlah canggih. Sehingga, jika Anda ingin memanggang roti atau kue kering dalam jumlah banyak, hasil panggangannya pasti akan merata ke setiap sisi potongan kue yang dipanggang dalam convection oven tersebut.

3. Kualitas Rasa yang Terjamin

Tidak perlu diragukan lagi jika convection oven dapat mempertahankan kualitas dari segi rasa. Hal ini dikarenakan hasil panggang dari roti atau kue oleh kipas internal menjadi fitur utama. Serta juga dapat mempertahankan sirkulasi udara di dalamnya, sehingga hasil panggangan yang didapat memiliki kualitas yang lebih baik dan tidak merusak cita rasanya. Tentunya ini menjadi rekomendasi anda para pemilik bakery dan pastry.

Rekomendasi Convection Oven Terbaik

Gas Convection Oven Sinmag (SM-710G)

Apabila anda ingin mulai meningkatkan penjualan bisnis kuliner anda dalam bidang bakery dan pasrty, cobalah menggunakan convection oven. Semakin banyak produk yang dihasilkan, maka semakin cepat juga hasil jualan yang Anda lakukan. Jika anda ingin membeli convection oven, silakan datang ke Sinergi Trikarya Perkasa. Disini anda bisa menemukan banyak sekali pilihan oven sesuai dengan kebutuhan anda, mulai dari Convection oven hingga Deck oven.