Ragam Peralatan Bakery dan Fungsinya

peralatan bakery dan fungsinya

Sebagai pemilik bisnis bakery, apakah Anda tahu apa saja peralatan bakery dan fungsinya? Atau saat ini Anda hanya menggunakan peralatan masak seadanya untuk menjalankan bisnis bakery? Tahukah Anda, bahwa peralatan yang digunakan juga dapat mempengaruhi kualitas dan cita rasa dari roti yang diproduksi. Seperti misalnya, jika Anda menggunakan oven biasa untuk memanggang roti dalam jumlah yang banyak, maka pada beberapa roti ada kemungkinan tidak matang secara merata.

Untuk itu, agar dapat meningkatkan kualitas produksi roti Anda, Sinergi Trikarya akan memberikan rincian peralatan yang perlu digunakan bagi seluruh pemilik bisnis bakery. Apa saja peralatan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

10 Peralatan Bakery dan Fungsinya

Dalam menjalankan bisnis roti, setidaknya ada 10 peralatan yang perlu Anda gunakan, yaitu:

1. Mixer

Mixer tentu saja sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk pemilik bisnis pastry & bakery. Anda akan lebih mudah untuk mengaduk adonan serta hasil adukan dari mixer tentu akan lebih baik daripada hasil adukan dengan cara manual. Saat ini terdapat berbagai jenis mixer di pasaran seperti planetary mixer dan spiral mixer.

2. Dough Divider

Ukuran roti yang tidak seragam tentunya akan membuat pelanggan cenderung lebih memilih roti yang berukuran besar. Untuk itu, Anda perlu menggunakan dough divider yang merupakan mesin pembagi adonan dan tentu saja hasil pembagian tersebut akan sama rata pada tiap adonannya.

3. Dough Sheeter

Apakah Anda saat ini masih menggunakan rolling pin untuk menipiskan adonan pastry? Sekarang, Anda bisa mencoba untuk menggunakan dough sheeter yang merupakan mesin penipis adonan. Setiap adonan yang ditipiskan akan memiliki ketebalan yang seragam sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, tentu saja Anda akan menghemat banyak waktu serta dapat memproduksi roti dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

4. Proofer

Dalam proses pembuatan adonan roti, sebelum adonan dipanggang Anda harus mengembangkan adonan tersebut, bukan? Dalam dapur toko pastry & bakery yang sudah besar, biasanya terdapat proofer di mana alat tersebut digunakan khusus untuk mengembangkan adonan. 

5. Oven

Satu peralatan yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh pemilik bisnis pastry & bakery adalah oven. Untuk produksi roti dalam jumlah yang besar, maka kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan deck oven dan convection oven. Dengan menggunakan oven yang tepat, maka hasil produksi roti Anda tentu akan matang secara merata ke setiap loyangnya.

6. Cooling Rack

Setelah roti-roti yang diproduksi baru saja matang, Anda perlu mendinginkan roti-roti tersebut terlebih dahulu sebelum disajikan, bukan? Untuk itu, Anda memerlukan cooling rack yang merupakan tempat untuk mendinginkan roti yang baru saja matang dari oven.

7. Bread Slicer

Untuk memotong roti, Anda tentu saja harus menggunakan mesin khusus yaitu slicer khusus untuk roti, bread slicer. Merupakan mesin pemotong roti yang digunakan untuk membagi roti dalam bentuk lembaran atau slice. Dengan bread slicer, Anda tentu saja dapat menghemat waktu yang banyak dibandingkan harus memotong lembar demi lembar secara satu per satu.

8. Ingredient Rack

Ingredient rack atau rak dapur sangat penting untuk Anda miliki. Mengapa demikian? Dengan adanya rak dapur, Anda lebih bisa menyimpan bahan-bahan yang digunakan untuk produksi roti dengan rapi. Selain itu, bahan-bahan yang disimpan dalam rak dapur akan lebih terjaga kualitasnya.

9. Working Table

Pada toko-toko pastry & bakery yang sudah besar, mereka menggunakan working table atau meja khusus yang digunakan dalam produksi roti. Working table ini memiliki bahan dasar stainless steel yang tidak dapat berkarat.

10. Marble Table

Selain working table, ada juga marble table. Marble table ini digunakan ketika Anda ingin membuat dessert. Meja ini terbuat dari bahan marmer.

Temukan Peralatan Bakery yang Anda Butuhkan Di Sini

Jadi, itulah 10 peralatan bakery dan fungsinya yang perlu Anda ketahui dan juga butuhkan sebagai pemilik bisnis pastry & bakery. Jika Anda membutuhkan beberapa peralatan tersebut, silakan hubungi Sinergi Trikarya sekarang juga karena kami menyediakan berbagai kebutuhan untuk produksi pastry & bakery yang tentunya berkualitas dan dapat menjadi aset produksi jangka panjang.